Cara Membuat Telur Asin


Telor Asin @ Wikimedia

Telur asin adalah istilah umum untuk masakan berbahan dasar telur yang diawetkan dengan cara diasinkan Kebanyakan telur yang diasinkan adalah telur itik?, meski tidak menutup kemungkinan untuk telur-telur yang lain. (wikipedia)


Cara Membuat telur asin (dikutip dari Honesty Rasyid):

1. Metode Perendaman dengan larutan air garam

Siapkan air dan tambahkan garam secukupnya. Aduk sampai garam larut. Lalu rendam telur yang sudah dibersihkan ke dalam larutan garam selama lebih kurang 10 hari dalam wadah yang tertutup. Jika menginginkan rasa telur yang lebih asin lagi, rendamlah telur lebih lama lagi.

2. Metode Perendaman dengan adonan garam

Siapkan adonan garam : berupa campuran air dan garam yang kekentalannya seperti pasta. Lalu susun telur, lalu siram dengan adonan pasta garam tersebut sampai tertutup semuanya. Simpan beberapa hari. Setelah itu siap untuk digunakan

3. Metode Pemeraman Dengan adonan garam, batu bata dan abu gosok

Campurkan abu gosok, batu merah yang sudah digiling halus dan garam?. Aduk rata. Perbandingan campuran 2:2:3. Tambahkan air secukupnya sampai menjadi adonan pasta. Lalu balurkan ke telur sampai terbungkus rapi, kira-kira dengan ketebalan adonan 1 cm. Simpan ditempat yang terbuka sampai waktu yang diinginkan . Untuk asin yang tidak berlebihan penyimpanan dilakukan bisa selama 7-15 hari.

Halaman terakhir dimodifikasi pada 26/01/2016 04:30